Senin, 24 September 2018

Kumpulan Perangkat Pembelajaran IPS Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018

September 24, 2018
Sebagai persiapan dalam kegiatan belajar mengajar pada jenjang SMP dan MTs, tentunya kita sebagai seorang Guru tentunya harus memiliki perangkat pembelajaran yang lengkap agar pembelajaran yang kita laksanakan dapat sesuai dengan Program dan ketentuan permendikbud untuk Kurikulum 2013 Revisi 2018. Maka dari itu membantu Bapak dan Ibu dalam memiliki perangkat pembelajaran yang lengkap Admin membuat artikel ini yang didalamnya akan membagikan perangkat belajar mengajar K13 untuk Mata Pelajaran IPS Ilmu Pengetahuan Sosial.

File perangkat pembelajaran yang akan Admin bagikan pada kesempatan artikel ini yaitu untuk Kelas VII, seperti Analisis Keterkaitan SKL, KI dan KD, Analisis Kompetensi, Pemetaan KKM, Program Tahunan (PROTA), Program Semester (PROMES), Silabus, dan RPP. Pembuatan file tersebut sesuai dengan ketentuan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan untuk revisi 2017 dalam pembelajaran K13. Kelengkapan perangkat pembelajaran ini Admin siapakan untuk kegiatan pembelajaran di tahun ajaran 2018-2019 yang di dalamnya telah terintegrasi PPK, Literasi, Pembelajaran Abad 21 4C, dan HOTS.

Selengkapnya mengenai Perangkat Pembelajaran IPS untuk Kelas 7 SMP/MTs tersebut pada link dibawah ini untuk semester 1 ganjil dan 2 genap.
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang akan dipelajari antara lain:
Kompetensi Inti:
KI 1 :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 :  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 :  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
1.1   Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2   Menghargai ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3   Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.1   Menunjukkan perilaku jujur, gotong royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.
2.2   Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, terbuka dan kritis terhadap permasalahan sosial sederhana.
2.3   menunjukkan perilaku santun, peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora      dan fauna) dan interaksi antar ruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
4.1 Menyajikan hasil telaah konsep ruang (lokasi,distribusi, potensi, iklim,bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang Indonesia serta Pengaruhnya terhadap kehidupan    manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
3.2 menganalisis interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya
4.2 menyajikan hasil analisis tentang interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan sosial budaya
3.3 Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, penawaran permintaan) dan interaksi antar ruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya Indonesia
4.3  menyajikan hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga
menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.
3.4   memahami berpikir kronologi, perubahan dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha, dan Islam
4.4 menyajikan hasil analisis kronologi, perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu- Buddha, dan Islam
Kumpulan Perangkat Pembelajaran IPS Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Dapat Bapak dan Ibu simak, sekilas gambaran mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP untuk Mata Pelajaran IPS di Kelas VII. Selengkapnya mengenai perangkat pembelajaran tersebut pada link dibawah ini.
LINK DOWNLOAD PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS :
Analisis Keterkaitan SKL, KI, dan KD [ BAG 1 ], [ BAG 2 ], [ BAG 3 ], [ BAG 4 ]
Prota, Prosem, Penentuan KKM [ UNDUH ]
Silabus [ UNDUH ]
RPP 1 [ UNDUH ]
RPP 2 [ UNDUH ]
RPP 3 [ UNDUH ]
RPP 4 [ UNDUH ]
RPP 5 [ UNDUH ]
RPP 6 [ UNDUH ]
RPP 7 [ UNDUH ]
RPP 8 [ UNDUH ]
RPP 9 [ UNDUH ]
RPP 10 [ UNDUH ]

Adanya kelengkapan file perangkat pembelajaran ini, Admin harapkan dapat memberikan manfaat dan membantu setia Guru dalam memiliki file yang dibutuhkan terutama untuk pembelajaran pada Mapel IPS di Kelas 7 Kurikulum 2013.

Thanks for reading Kumpulan Perangkat Pembelajaran IPS Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Related Posts

Your Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels

Labels

Labels

Copyright © 2025 Arsip Pembelajaran. All rights reserved. Template by CB Blogger