Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikkan Nasional Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, diamanatkan bahwa seorang kepala sekolah harus memiliki standar kompetensi yang sudah ditetapkan. Kompetensi meliputi: Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Manajerial, Kompetensi Kewirausahaan, Kompetensi Supervisi, dan Kompetensi Sosial.
Pada tahun 2015, dalam rangka pemetaan kompetensi Kepala Sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayakan menyelenggarakan uji kompetensi Kepala Sekolah yang diikuti oleh 166.333 kepala sekolah dari jenis, jenjang, dan masa kerja yang bervariasi. Nilai rerata 3 kompetensi Kepala Sekolah adalah 56,37, untuk dimensi manajerial adalah 58,55, untuk dimensi supervisi pembelajaran adalah 51,81, untuk dimensi kewirausahaan adalah 58,75. Data tersebut menunjukkan bahwa Kepala Sekolah membutuhkan perhatian yang lebih serius dalam peningkatan kompetensi untuk setiap dimensi kompetensi.
Terkait dengan hal tersebut, dalam rangka mewujudkan Kepala Sekolah /Madrasah yang berkompeten, maka perlu disusun Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas dan fungsinya tersebut. Seiring dengan perubahan kebijakan dan kebutuhan di lapangan, Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah berisi penjelasan tentang pelaksanaan tugas kepala sekolah/madrasah. Tugas ini sangat erat kaitannya dengan peningkatan kompetensi.
Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah Tahun 2018 Kemendikbud
DAFTAR ISI ................................................................................................. v
KATA PENGANTAR........................................................................................ iii
DAFTAR TABEL ........................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN ...................................................................................... viii
DAFTAR DIAGRAM ....................................................................................... x
BAB I PENDAHULUAN .................................................................................... 1
A. Latar Belakang .................................................................................. 1
B. Landasan Hukum ............................................................................. 3
C. Tujuan ........................................................................................... 5
D. Manfaat ........................................................................................... 6
E. Ruang Lingkup ................................................................................. 6
BAB II TUGAS POKOK KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN SEKOLAH ...... 7
A. Tugas Pokok ................................................................................... 7
B. Usaha Pengembangan Sekolah .......................................................... 7
1. Menyusun Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah ........................................ 7
2. Pengembangan Struktur Organisasi Sekolah .................................. 12
3. Langkah Strategis Pengembangan Sekolah .................................... 15
4. Menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah ................................... 22
5. Menyusun Rencana Kerja Tahunan dan Rencana Kegiatan dan
Anggaran Sekolah ........................................................................ 25
BAB III PENINGKATAN MUTU SEKOLAH ........................................................... 29
A. Mutu Sekolah Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan ...................... 29
B. Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengawasan Program Peningkatan
Mutu Sekolah .................................................................................... 30
C. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) .............. 56
D. Penilaian Kinerja Guru dan Sasaran Kerja Pegawai ............................... 60
E. Melaksanakan Pengawasan dan Evaluasi .............................................. 67
1. Program Pengawasan .................................................................. 67
2. Evaluasi ..................................................................................... 68
BAB IV PENERAPAN KEPEMIMPINAN DAN KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH ... 69
A. Pengantar ......................................................................................... 69
B. Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah .......................................... 73
C. Penerapan Kewirausahaan ............................................................... 75
D. Penilaian Kinerja Guru dan Sasaran Kerja Pegawai ............................... 60
E. Melaksanakan Pengawasan dan Evaluasi .............................................. 67
BAB V PENGAWASAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN
PROFESIONALISME KEPALA SEKOLAH ............................................................. 79
A. Pengawasan Pengelolaan Pembelajaran ............................................. 79
1. Supervisi Akademik .................................................................. 79
2. Teknik supervisi akademik .......................................................... 79
3. Langkah Operasional ................................................................. 81
B. Pengembangan Profesi Kepala Sekolah .............................................. 84
BAB V PENUTUP ............................................................................................. 69
Selengkapnya mengenai Panduan tersebut, dapat Bapak dan Ibu unduh pada link dibawah ini dalam bentuk file Pdf:
Panduan Kerja Kepala Sekolah (KS) 2018 DOWNLOAD
Hadirnya buku ini, Admin harapkan dapat memberikan manfaat dalam kegiatan pembelajaran yang Bapak dan Ibu laksanakan sebagai tugas pokok dan fungis sebagai kepala Sekolah pada jenjang SD SMP dan SMA.
Thanks for reading Panduan Kerja Kepala Sekolah (KS) 2018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar